Sekda Pimpin Sertijab Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Setda Kalteng

Sekda Pimpin Sertijab Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Setda Kalteng

Share

Sekretaris Daerah (Sekda) Nuryakin memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Setda Kalteng), di Aula Jayang Tingang, Kompleks Kantor Gubernur, Kota Palangka Raya, pada Senin, 22 Agustus 2022.

Sebagai tindak lanjut Pelantikan tanggal 12 Agustus lalu, sebanyak 38 Pejabat Administrator dan Pengawas pada hari ini melaksanakan Sertijab di Aula Jayang Tingang, terdiri atas 7 jabatan administrator dan 12 jabatan pengawas. Penandatanganan Berita Acara Sertijab dilakukan secara simbolis.

Dalam arahannya, Sekda Nuryakin mengapreasi dan menyambut baik kegiatan hari ini. "Saya sudah lama ingin mengumpulkan teman-teman di lingkup Setda (Sekretariat Daerah) ini," ujar Sekda sebelum memaparkan poin-poin arahannya.

Sekda Nuryakin berharap semua PNS di lingkungan Setda Kalteng yang mencapai 322 orang dapat meningkatkan kedisiplinan. "Disiplin kita perlu kita tingkatkan. Misalnya, kedisiplinan dapat dimulai dari tata cara berpakaian dinas atau kehadiran," kata Sekda menyontohkan.

Selanjutnya, Sekda Nuryakin berharap orang-orang yang bertugas di Setda Kalteng merupakan orang-orang terpilih yang bisa memegang estafet kepemimpinan di masa depan. Sebagai koordinator, Setda harus bisa meningkatkan kecepatan koordinasi dengan Perangkat Daerah atau koordinasi antar Biro.

"Bentuk tim reaksi cepat, pilih 1 orang tiap Biro. Jadi, nanti semua Biro digabung lintas sektor. Tim bisa langsung ke SKPD cari data," urai Sekda Nuryakin.

Menanggapi arahan Sekda, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Herson B. Aden kembali menegaskan bahwa disiplin pegawai harus benar-benar dijalankan. "Kita adalah markas besar Pemprov. Jadi, apa yang kita lakukan adalah cerminan Pemprov Kalteng," katanya.

Selain itu, orang-orang yang bertugas di Setda diharapkan menjadi jembatan penghubung antara Sekda dengan Perangkat Daerah terkait. "Menyikapi masalah data, seharusnya kita sudah membangun satu database yang baik di tingkat Setda. Data ini bukan database tapi data sektoral yg dimiliki Dinas/Badan Pemprov Kalteng," jelas Herson.

Pejabat baru, menurut Herson, diharapkan bisa berkreasi dalam mengumpulkan data. "Itu beberapa hal yang kita harus lakukan penguatan untuk ke depan. Hilangkan ego sektoral," pungkasnya.

Masih terkait database, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Leonard S. Ampung menekankan bahwa data adalah kompas, sehingga koordinasi yang baik dengan SOPD terkait dinilai sangat penting untuk mendukung proses pengumpulan data. "Updating data itu penting sekali," imbuhnya.

"Apapun yang kita lakukan ketika diberikan amanah, kepercayaan, lakukan yang terbaik. Itu sebenarnya hakikat dari kita sebagai PNS," pungkas Leonard.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Katma F. Dirun mengungkapkan terdapat 3 kompetensi dasar yang harus dipenuhi dalam sebuah jabatan, yakni knowledge (pengetahuan), skill (keterampilan), dan attitude (sikap/perilaku).

"Tiga kompetensi ini harus dipegang dan perlu dikembangkan. Tanpa ini, tidak ada kinerja yang berkualitas. Kinerja tidak pernah bagus apabila kita masih menggunakan gaya dan budaya lama," jelas Katma.

Sebagai informasi, pada tanggal 12 Agustus lalu, Wakil Gubernur Edy Pratowo atas nama Gubernur Sugianto Sabran melantik sebanyak 164 Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemprov Kalteng, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 188.44/1244/2022, juga bertempat di Aula Jayang Tingang.

(Tulisan: RAN; Foto: JP)

Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah


Share