Pj. Sekda Kalteng: Mari Bersungguh-sungguh Memaknai Reformasi Birokrasi, Bukan Semata Nilai yang Tinggi
Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Nuryakin membuka secara virtual kegiatan Workshop Reformasi Birokrasi Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2022, bertempat di Ruang Kerja, Kota Palangka Raya, pada Kamis, 24 Februari 2022. Kegiatan yang difasilitasi Tim Reformasi Birokrasi Provinsi Kalteng ini mengambil tema "Strategi Optimalisasi Implementasi Reformasi Birokrasi dalam Mewujudkan Birokrasi Berkelas Dunia Tahun 2024".
Dalam sambutannya, Pj. Sekda Nuryakin menekankan, “Merujuk pada tema hari ini, tentunya pelaksanaan workshop kali ini kita dituntut untuk melahirkan strategi-strategi dalam upaya mengoptimalisasikan implementasi reformasi birokrasi.”
Diakui Pj. Sekda, hal tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun demikian, Pj. Sekda yakin hal tersebut dapat diwujudkan apabila seluruh tingkat dari level pimpinan tingkat atas sampai staf di bawahnya mampu menerapkan birokrasi yang sehat.
Lebih lanjut, Pj. Sekda meminta agen perubahan, assessor, dan admin pengelola reformasi birokrasi lingkup Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Daerah masing-masing agar dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya, saling bersinergi, dan menjalin koordinasi dengan baik.
Menurutnya, posisi dan peran agen perubahan, assessor, dan admin reformasi birokrasi yang sangat strategis sangat menentukan keberhasilan implementasi reformasi birokrasi yang tugas dan fungsinya membantu Kepala Daerah dalam mewujudkan cita-cita reformasi birokrasi yang tertuang dalam 8 area perubahan, yakni mental aparatur, organisasi, tata laksana, peraturan perundang-undangan, sumber daya manusia aparatur, pengawasan, akuntabilitas, dan pelayanan publik.
Pj. Sekda berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat dan dampak yang besar terhadap keberhasilan implementasi reformasi birokrasi di Provinsi Kalteng yang akan dievaluasi setiap tahunnya, dan diberikan nilai atau indeks capaian dari reformasi birokrasi yang telah dilaksanakan.
”Maka daripada itu, mari kita bersungguh-sungguh dalam memaknai reformasi birokrasi ini. Bukan semata-mata indeks atau nilai yang tinggi, tetapi yang lebih penting, yaitu implementasi yang menjadi perilaku positif, bersih dan sehat yang mengakar dari dalam diri masing-masing, sehingga 8 area perubahan tersebut akan tercermin secara alami dari pribadi kita masing-masing,” pungkas Pj. Sekda Nuryakin.
Sebelumnya, dalam laporannya, Asisten Administrasi Umum Lies Fahimah menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai pelaksanaan reformasi birokrasi. Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dan langkah dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan reformasi birokrasi di Provinsi Kalteng menuju pembangunan Kalteng Makin Berkah.
Tampak hadir secara virtual dalam kegiatan ini, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Herson B. Aden, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Katma F. Dirun, serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Leonard S. Ampung.
Kegiatan ini sendiri diikuti secara virtual oleh Kepala Dinas/Badan/Unit Kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng atau yang mewakili. Kegiatan juga diikuti Asisten Administrasi Umum, Inspektur, Kepala BPSDM, Kepala Bagian Organisasi, serta Kepala Bagian Hukum Kabupaten/Kota se-Kalteng.
(Tulisan/Foto: RAN)
Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah