Perlu Komitmen Bersama untuk Wujudkan Nilai SPBE dan Inovasi Kalteng Menuju Predikat Baik
Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Pj. Sekda Kalteng) Nuryakin diwakili Asisten Administrasi Umum Lies Fahimah memimpin rapat Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Evaluasi Indeks Inovasi Daerah Tahun 2021, bertempat di Aula Eka Hapakat, Kompleks Kantor Gubernur, Kota Palangka Raya, pada Senin, 17 Januari 2022.
Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Pj. Sekda menyambut baik terlaksananya kegiatan ini, yang berguna untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.
SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi dan komunikasi dalam memberikan layanan pada pengguna SPBE. Pembangunan manajemen layanan SPBE sebagai rangkaian proses untuk mencapai penerapan SPBE yang efektif efisien, berkesinambungan dan berkualitas.
Sebagaimana diamanatkan Perpres RI Nomor 95 tahun 2018 Tentang SPBE, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel dan berkualitas diperlukan pemerintahan berbasis elektronik, yang mengharuskan adanya keterpaduan antara pusat dan daerah, dengan melibatkan antara lain Kementerian Dalam Negri, Kominfo RI, Bappenas dan Kepala BPPT. Sementara di daerah koordinator SPBE Pemerintah Daerah dijabat oleh Sekda yang mengoordinasikan penerapan kebijakan SPBE dan ditindaklanjuti oleh perangkat daerah terkait.
Untuk itu, Pj. Sekda melalui Asisten Administrasi Umum, menyampaikan beberapa hal penting, antara lain agar segera dibentuk Tim koordinasi SPBE Provinsi Kalteng, masing-masing sektor melakukan tugas dan fungsinya secara terkoordinasi, dan percepatan penyelesaian peraturan Gubernur tentang SPBE Provinsi Kalteng.
Disampaikan pula bahwa, perlu komitmen bersama agar nantinya dalam evaluasi, hasil penilaian indeks inovasi minimal memperoleh nilai baik. "Semoga pembangunan dan peningkatan SPBE secara keseluruhan Pemprov Kalteng dan inovasi Kalteng menuju predikat baik," harap Pj. Sekda melalui Asisten Lies Fahimah.
Hadir mendampingi Asisten Administrasi Umum dalam rapat tersebut, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Agus Siswadi dan diikuti oleh para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Kalteng.
(Tulisan: DY; Foto: BZ)
Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah