Gubernur Kalteng Sambut Baik Program Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Ombudsman

Gubernur Kalteng Sambut Baik Program Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Ombudsman

Share

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (Sahli KSDM) Suhaemi, mewakili Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), membuka kegiatan Workshop Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah Tahun 2022, bertempat di Ruang Pertemuan II Best Western Hotel, Kota Palangka Raya, pada Selasa, 2 Agustus 2022.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sahli KSDM, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyambut baik adanya penilaian penyelenggaraan pelayanan publik tersebut. "Kegiatan yang diinisiasi oleh Ombudsman ini merupakan alat untuk menggerakkan roda pemerintahan menuju pelayanan publik yang prima," ungkapnya.

Penilaian itu dinilai akan memacu instansi pemerintah untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kalteng. "Menjadi harapan kita bersama, melalui penilaian ini dapat mendorong instansi pemerintah agar berlomba-lomba melakukan perbaikan terhadap kualitas pelayanan kepada masyarakat, guna mewujudkan Kalimantan Tengah Makin BERKAH," kata Gubernur melalui Sahli KSDM.

Gubernur pun mengharapkan, instansi pemerintah di Kalteng dapat terus melakukan pembenahan dan inovasi, apalagi menghadapi berbagai tantangan dalam penyelenggaraan pelayanan publik, mulai dari rumitnya prosedur dan akuntabilitas, globalisasi, peningkatan populasi penduduk, kemampuan daya saing, hingga pertumbuhan ekonomi.

"Digitalisasi yang perlahan mulai mengubah pola dan budaya kerja harus mampu mulai kita terapkan secara positif untuk menggalakkan pemerintahan berbasis e-government yang modern dan responsif. Pelan namun pasti, tiap instansi pemerintah harus terus berbenah, mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki untuk mewujudkan pelayanan terbaik kepada masyarakat," harapnya.

Ditegaskan pula, untuk mewujudkan pelayanan prima, diperlukan komitmen kuat seluruh stakeholders. "Pelayanan publik tidak mampu berdiri sendiri tanpa disokong oleh keinginan yang kuat dari diri kita masing-masing untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik, agar apa yang menjadi harapan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik dapat kita wujudkan," tegasnya.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Perwakilan (Kalan) Ombudsman RI Kalteng R. Biroum Bernardianto menjelaskan bahwa, kegiatan Workhop kali ini diselenggarakan dalam rangka untuk melakukan sosialisasi mengenai pedoman yang akan digunakan dalam penilaian penyelenggaraan pelayanan publik pada tahun ini.

"Workshop ini, Bapak Ibu, merupakan bagian tahapan dalam rangka mensosialisasikan Pedoman Penyelenggaraan Penilaian Pelayan  Publik Tahun 2022, yang digunakan sebagai acuan kami dalam melaksanakan penilaian Penyelenggaraan Penilaian Pelayanan Publik di Kalimantan Tengah khususnya," jelasnya.

Senada dengan harapan Gubernur, Kalan Ombudsman membeberkan tujuan penilaian tersebut adalah untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik. Biroum kemudian juga menyampaikan apresiasi Ombudsman kepada Gubernur. "Terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Gubernur yang mendukung segala kegiatan pengawasan pelayanan publik di Kalimantan Tengah," pungkas Biroum Bernardianto.

Tampak pula hadir dalam acara yang digelar hybrid tersebut, antara lain Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Yansiterson, mewakili Kepala Kanwil BPN, dan Polda Kalteng, serta Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng, baik secara langsung maupun daring.

(Tulisan/Foto: SSS)

Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah


Share